Sabtu, 18 Oktober 2014

Analisis 3 Jurnal "Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian"

Dalam tulisan kali ini saya akan menganalisa 3 jurnal yang akan membahas membahas apakah bauran pemasran berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

1.       Judul                           : PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN
  PEMBELIAN EMPING MLINJO DI KELURAHAN NGADIREJO
  KECAMATAN KARTASURA
Penulis                        : Saiz Wantini, Trisno Martono dan Aniek Hindrayani
Abstrak                       :
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian emping mlinjo Di Kelurahan Ngadirejo Kartasura tahun 2013 secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan menggunakan analisis regresi ganda. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 sampel, penetapan responden dengan menggunakan Nonprobability sampling yaitu Sampling incidental. Dari hasil analiis yang dilakukan diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y= 3,036 + 0,293 X1+ 0,248 X2 + 0,123 X3 + 0,120 X4. Variabel Produk (X1) memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian (Y) yaitu sebesar 0,293, variabel harga (X2) sebesar 0,248, variabel tempat (X3) sebesar 0,123 dan variabel promosi (X4) sebesar 0,120. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukan bahwa keempat variabel independen terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, tempat dan promosi memang layak untuk menguji variabel dependen keputusan pembelian. Adjusted R Square menunjukan bahwa 47% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ke empat variabel independen dalam persamaan regresi berganda. Sedangkan sisanya sebesar 53% dijelaskan oleh variabel lain diluar ke empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : produk. harga, tempat, promosi & keputusan pembelian
  
          Judul                                   : Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion,
           Place,Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap
          Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya
Penulis                                 : Hendri Sukotjo dan Sumanto Radix A.
Abstrak                                :
The study, titled "An Analysis of Marketing Mix-7P (Product, Price, Promotion, Place, Partisipant,Process and Physical Evidence) The Beauty Clinic Products Buying Decision Teta in Surabaya" was designed to determine the effect of P-7 marketing mix of consumer decisions in Beauty Clinic Teta shop in Surabaya with testing hypotheses simultaneously (simultaneously) and partial (separate). This study takes an object of research on consumers / customers of Teta Beauty Clinic in Surabaya with a sample of 115 respondents with data collection through questionnaire instrument. The findings of this research is expected to be a platform for companies to increase product quality and quality of services provided to its customers.
Key works: Marketing mix-7P, shopping decisions.
   
Judul                            :  PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN
   PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Jurusan Bisnis Angkatan
   2010-2012 Fakultas Ilmu Administrasi Pengguna Indosat di
                              Universitas Brawijaya)
Penulis                        : Febryan Sandy, Zainul Arifin dan Fransisca Yaningwati
Abstrak                                :
 Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel-variabel bebas meliputi Iklan , Penjualan Langsung, Promosi Penjualan, dan Publisitas berpengaruh terhadap Proses Keputusan Pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 74.880 dengan probabilitas Fhitung sebesar 0.000 (p<0,05). Besarnya kontribusi dari keempat variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Proses Keputusan Pembelian adalah 52,1%, sedangkan sisanya 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa secara sendiri-sendiri keempat variabel bebas yang meliputi Iklan, Penjualan Langsung, Promosi Penjualan, dan Publisitas keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Proses Keputusan Pembelian. Hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Promosi Penjualan memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian.
Kata kunci : Bauran Promosi, Iklan, Penjualan Langsung, Promosi Penjualan, dan Publisitas, dan Proses Keputusan Pembelian

ANALISA KE-3 JURNAL :
Bauran pemasaran atau marketing mix: Produk, price, promosi,place (saluran distribusi), secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian. Bauran pemasaran atau marketing mix juga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Untuk variabel yang paling dominan tiap jurnal memiliki hasil yang berbeda, untuk jurnal yang berjudul “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Emping Melinjo Di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kartasura” variabel yang paling dominan adalah Harga, untuk jurnal Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion,  Place,Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap  Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya dan jurnal PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Jurusan Bisnis Angkatan 2010-2012 Fakultas Ilmu Administrasi Pengguna Indosat di Universitas Brawijaya) variabel yang paling dominan adalah Promosi, terdapat perbedaan mengenai hasil akhir dapat dikarnakan karna perbedaan objek dan tahun penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar