Minggu, 24 November 2013

CONTOH-CONTOH PARAGRAF PENGEMBANGAN


1.PERBANDINGAN DAN PERTENTANGAN

Lakukan investasi di pasar modal dapat dimisalkan sebagaimana nelayan yang memancing di laut. keduanya sama memiliki beresiko baik itu resiko kecil maupun besar. Apabila berinvestasi di pasar modal dengan cuma memakai sedikit modal, maka gain atau keuntungan yang didapatkan akan sedikit. Begitupun dengan nelayan, apabila cuma mempunyai modal sedikit, didalam artian cuma memiliki perahu kecil serta peralatan seadanya, maka hasil tangkapan yang didapat juga tak lagi sejumlah hasil tangkapan kapal besar. Ini dikarenakan oleh adanya keterbatasan perlengkapan, nelayan tidak dapat melaut jauh dari bibir pantai. Perihal inipun berlaku didunia investasi pasar modal.

2.ANALOGI

Belajar dengan menggunakan buku dan kertas seperti pedang yang berkepala dua . Jika menggunakan kertas terlalu banyak dapat menyebabkan hutan gundul dan pemansan global terjadi. Tapi apabila tidak menggunakan kertas dapat menyebabkan orang tidak dapat belajar dengan baik apalagi yang memiliki tingkat ekonomi terbatas serba salah untuk mengambil keputusan seperti saat menggukan pedang berkepala dua yang bisa menyerang 2 arah yang berlawanan. 

3.CONTOH

Pohon kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari daun, batang, hingga tandan bunga kelapanya. Batang pohon kelapa, misalnya, dapat digunakan sebagai kayu untuk rumah dan perabotan rumah tangga. Dari daunnya dapat dijadikan sebagai bahan pembuat anyaman seperti janur, ketupat, dan keranjang. Adapun tandan bunga kelapa dapat digunakan sebagai  hiasan dalam acara pernikahan.

4.KAUSAL (Sebab-Akibat)

Penumpukan sampah kian hari tidak bisa diatasi. Ditambahkan dengan kebiasaan warga membuang sampah secara sembarang yang semakin memperburuk keadaan. Pemerintahpun terkesan tidak sigap mengambil tindakan mengatasi problematika bersama ini. Dan hasilnya, banjir tiap tahun merupakan menu wajib di ibukota. Banyak rumah yang terendam. Dan juga alur perekonomian pun perlahan mati suri.

5.UMUM KHUSUS/KHUSUS UMUM (Deduktif – Induktif)

Di dalam memutuskan suatu kebijakan, presiden sebagai kepala negara dan sebagai kepala pemerintahan sangat membutuhkan pertimbangan dan nasehat dari seseorang atau sekelompok orang. Tujuannya ialah agar kebijakan yang diputuskannya sesuai dengan prinsip hukum, demokrasi, pemerintahan yang baik untuk mencapai tujuan negara. Para pendiri bangsa ini menyadari akan kebutuhan presiden mengenai hal itu. Oleh karena itu, Undang - Undang Dasar kitamengamanatkan untuk emmbentuk suatu dewan yang bertugas untuk itu. Yang penting adalah kebutuhan presiden akan pertimbangan dan nasehat dari pihak lain dapat terpenuhi sehingga ia tidak menyalahi peraturan yang ada.

6.KLASIFIKASI

            Kandungan serat pada buah naga dapat disebut amat tinggi. tiap-tiap 100 gr buah naga fresh memiliki kandungan nyaris gr serat. namun untuk buah naga kering, kandungan seratnya bisa meraih 10 gr atau lebih tiap-tiap 100 gramnya. tak hanya baik untuk pencernaan serta bisa menyembuhkan sembelit, makanan yang kaya serat juga bisa turunkan tingkat kolesterol jahat, kurangi peradangan, serta turunkan tekanan darah. serat dapat dicerna dengan perlahan oleh tubuh, perihal ini bisa melindungi kandungan gula darah jadi stabil. inilah juga alasan kenapa buah naga baik untuk pasien diabetes.

7. DEFINISI

Kata Enzim berasal dari bahasa Yunani enzymas yang berarti menyebabkan perubahan. Enzim inilah yang merupakan unsur pembuat apel, pisang, atau buah lainnya menjadi matang dan sampai akhirnya membusuk. Enzim terdapat pada semua organisme hidup, termasuk juga berada pada tubuh kita. Setiap reaksi kimia dan biologi yang terjadi dalam tubuh kita selalu membutuhkan enzim sebagai katalisator, yaitu zat yang memungkinkan terjadinya reaksi tetapi tidak ikut bereaksi. Enzim terdiri dari 3 golongan, yaitu enzim metabolik, enzim pencernaan, dan enzim pangan.

8.PROSES

            Membuat nasi goreng sangatlah mudah,hal pertama yang di lakukan adalah menghaluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah,bawang putih,cabai dan penyedap rasa.Setelah halus kemudian masukkan kedalam wajan yang sebelumnya telah di beri minyak goreng kemudian masukkan nasi setelah iru aduk hingga merata dan tunggu hingga matang dan mengeluarkan aroma sedap dari nasi goreng tersebut.Setelah matang nasi goreng pun siap di sajikan .

9.SUDUT PANDANG

                Kejadian begitu cepat. Aku pulang pukul 12 siang. Segera kuparkir motor bututku di halaman sekolah. Lalu, aku segera berlari ke tempat fotokopi. Wow, betapa terkejutnya diriku tatkala kulihat ada seorang gadis di situ. Mungkin dia karyawan baaru di tempat fotokopi ini. Rambutnya yang terurai panjang serasa memesona semua orang yang melihatnya.

10.KLIMAKS DAN ANTI KLIMAKS

           Aku tak pernah menanyakan kepada Wak Katok apa yang terjadi dengan Surip.setelah seminggu akhirnya diketahui bahwa surip telah dibunuh oleh wan katok dan melemparnya ke sumur. Ini aku ketahui kemudian setelah pemberontakan dikalahkan oleh Belanda. Tetapi aku tak pernah membicarakannya dengan Wak Katok. Sejak hari itu hingga saat ini. Barulah kini aku menceritakan hal ini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar