Sabtu, 02 November 2013

Kesalahan Penggunaan Kalimat Dalam Berita Online

KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT DALAM BERITA ONLINE

Judul Artikel    : ‘Captain Tsubasa’ Terinspirasi Barca

Isi Artikel         :
Barcelona - 'Captain Tsubasa' memang cuma sebuah tokoh kartun yang ceritanya diadaptasi menjadi serial animasi di televisi. Tapi, dalam penyusunan kisahnya, Barcelona menjadi salah satu sumber inspirasi.

Demikian diungkapkan oleh kreator komik 'Captain Tsubasa', Yoichi Takahashi. Takahashi mengatakan, dalam menyusun dan mengembangkan plot cerita Tsubasa, dia sering memakai Barca sebagai referensi. Tsubasa, yang diciptakan pada tahun 1986, sudah terpengaruh Barca sejak awal kisahnya.

Takahashi makin menggandrungi Barca ketika klub tersebut dilatih Johan Cruyff (1988-1996). Barca-nya Cruyff pun sangat menginspirasi Takahashi dalam menyusun cerita.

"Lebih dari apa pun, gaya Cruyff benar-benar menarik perhatian saya karena itu sangat indah. Saya sangat tertarik dengan filosofinya, yang mendasarkan kepada keindahan penyerangan," jelas Takahashi seperti dikutip Marca.

Lebih lanjut lagi, Takahashi juga menunjuk Andres Iniesta sebagai pemain Barca yang paling difavoritkannya. Menurut dia, banyak kemiripan antara Iniesta dan Tsubasa Ozora.

"Tsubasa lahir sebelum Iniesta, namun keduanya memang sangat mirip dalam sejumlah hal, yang mungkin membuat Anda berpikir itu dia," jelasnya.
Kisah 'Captain Tsubasa' telah menyelesaikan lima seri. Saat ini, Takahashi sedang menggarap seri keenam, yang berjudul "Captain Tsubasa: Kaigai Gekito Hen En La Liga". Takahashi mengungkapkan, paling tidak akan ada satu lagi seri Tsubasa, yang bercerita tentang Tsubasa yang makin dewasa tapi masih bermain sepakbola.

"Saya tak pernah menyangka kisah ini punya pengaruh besar di negara saya dan di seluruh dunia," ujar Takahashi.

Analisa Kesalahan Penggunaan Kalimat :
Dalam hal ini saya akan membahas mengenai kesalahan-kesalahan yang terjadi pada berita online “Captain Tsubasa, Terinspirasi Barca” yang saya kutip dari http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/11/02/180155/2402390/424/captain-tsubasa-terinspirasi-barca?991104topnews :

·         Kalimat Efektif :
Kalimat efektif merupakan kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain.
Dalam artikel ini pada paragraf ke 5 dapat kita temukan kalimat yg tidak efektif misalnya :
“Lebih lanjut lagi, Takahashi juga menunjuk Andres Iniesta sebagai pemain Barca yang paling difavoritkannya.”
Dalam kalimat tersebut dapat kita ubah menjadi kalimat efektif yaitu :
“Selanjutnya, Takahashi menunjuk Andres Iniesta sebagai pemain Barca yang paling di favoritkannya.”
Kalimat seperti itu terlihat lebih efektif karna langsung pada pokok pembahasan dan membuang kata-kata yang tidak diperlukan.

·         Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif :
Kalimat aktif adalah Kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan atau melakukan perbuatan. Kalimat aktif mempunyai ciri-ciri : subjeknya sebagai pelaku,predikatnya berawalan me- atau ber-., dan predikatnya tergolong kata kerja aus.
Kalimat Pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan atau dikenai perbuatan. Kalimat pasif mempunyai ciri-ciri : subjeknya sebagai penderita, predikatnya berawalan di-, ter-, atau ,ter-kan., predikatnya berupa predikat persona (kata ganti orang, disusul oleh katakerja yang kehilangan awalan).
Dalam artikel ini pada paragraf 2 dapat kita temukan kalimat pasif misalnya :
“Demikian diungkapkan oleh kreator komik 'Captain Tsubasa', Yoichi Takahashi. Takahashi mengatakan, dalam menyusun dan mengembangkan plot cerita Tsubasa, dia sering memakai Barca sebagai referensi.”
Dalam kalimat tersebut dapat kita ubah menjadi kalimat efektif yaitu :
“Yoichi Takahashi mengatakan dalam menyusun dan mengembangkan plot cerita Tsubasa, dia sering memakai Barca sebagai referensi”

·         Kalimat Majemuk Setara :
Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang terdiri atas beberapa kalimat yang setara/sederajat kedudukannya dengan menggunakan kata hubung. Kalimat majemuk setara terdiri dari :
ü  Kalimat majemuk setara sejalan
ü  Kalimat majemuk setara berlawanan
ü  Kalimat majemuk setara yang menyatakan sebab akibat
Dalam artikel ini pada paragraf ke 4 dapat kita temukan kalimat :
“Saya sangat tertarik dengan filosofinya, yang mendasarkan kepada keindahan penyerangan," jelas Takahashi seperti dikutip Marca
Dalam kalimat tersebut dapat kita ubah menjadi kalimat majemuk setara sebab akibat yaitu :
“Takahashi sangat tertarik dengan filosofinya yang mendasarkan kepada keindahan penyerangannya.

Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa kesalahan penggunaan kalimat dalam artikel “Captain Tsubasa,  Terinpirasi Barca” . Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Referensi penulisan :
1.      http://abcdanis.blogspot.com/2013/05/pengertian-dan-contoh-kalimat-majemuk.html
2.      http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/11/02/180155/2402390/424/captain-tsubasa-terinspirasi-barca?991104topnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar